Pembukaan Kegiatan Olahraga dan Ekstrakurikuler Di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya

25/03/2018 | 384 kali
Kegiatan

Sambutan Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya

Pembukaan Kegiatan Olahraga dan Ekstrakurikuuler
  Di Pontren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya

Oleh Bpk Pimpinan Pontren:
KH. Ahmad Deni Rustandi,M.Ag

  بسم الله الرحمن الرحيم

       

Salam Olahraga...

Mujahadah adalah tidak menuruti kehendak nafsu”, dan ada lagi yang mengatakan; “Mujahadah adalah menahan nafsu dari kesenangannya”. Mujahadah adalah sarana dari hidayah rohani kepada Allah dan ridhaNya , sedangkan hidayah merupakan permulaan dari takwa (Muhammad 17), jadi dalam mujahadah terkandung unsur melawan hawa nafsu secara terus menerus. Pengertian mujahadah secara umum adalah : berjuang, bersungguh-sungguh, berpegang melawan musuh. Sementara pengertian Riyadhoh menurut bahasa adalah olahraga, latihan. Sedangkan menurut istilah Riyadhoh adalah Latihan Penyempurnaan diri secara terus menerus melalui zikir dan pendekatan diri yang datangnya dari Allah SWT ditujukan kepada Hamba-Nya.

Salah satu Moto Pondok kita adalah "Berbadan Sehat"


العقل السليم في الجسم السليم

"akal yang sehat terdapat dalam badan yang sehat"

Seorang santri harus sehat,harus kuat,harus trampil,harus kreatif,dan bisa mengaji.
setiap santri harus multitasking, harus bisa segalanya,apalagi di zaman now (sekarang).
Kenapa badan harus sehat ?

imam syafii...                                         

فهم بالظواهر 

Dilihat dari yang jelas, kesehatan lahiriyah..

Sebelum melihat seseorang,pasti akan melihat terlebih dahulu Cover cassing.
maka,badan harus ideal dan badan tidak pula terlalu kurus. Badan yang sehat bisa melakukan pekerjaan yang berat yang banyak yang bermanfaat.

Lokasi pondok kita adalah tempat yang sangat mahal, tempat yang sangat berharga,tempat yang banyak orang irikan,tempat yang tidak didapatkan ditempat lain. ini adalah salah satu dari surga dunia yang Allah berikan kepada kita semuanya. maka,bersyukurlaah..
Air bergemercik disungai mengalir deras dibelakang pondok, dibawah bukit gunung Syawwal, dikelilingi pematang sawah yang hijau, dihiasi suara nyanyian ciutan burung-burung serta kibaran sayap burung yang menari menari,dilengkapi dengan tiupan angin sepoi sepoi yang membuat suasana Fresh segar. Betapa disini Indah.....


Surat 13 ayat 35

perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.


Kebersihan lingkungan dan Kebersihan jiwa harus terpadu menjadi satu dan menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga. pondok ini adalah pondok wakaf, maka semuanya harus menjaga,memelihara kelangsungan pondok ini. "Bondo,Bahu,Pikir,lek perlu sak nyawane pisan"
Badan yang kuat harus dimiliki oleh setiap muslim dan ini adalah ajaran agama islam.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.

Supaya kuat lahiriyah dan batiniyah. Santri Darussalam bermotivasikan "tidak boleh sakit dan jangan berniat atau mau sakit"

Olahraga terbagi 3 macam:

  1. Olah raga mengelola dan mengatur yang berkaitan langsung dengan fisik dengan sepakbola, voli, lari, senam dll.
  2. Olah pikir mengelola dan mengatur yang berkaitan dengan otak atau pikiran dengan belajar, membaca, dan mendengar.
  3. Olah Jiwa mengelola dan mengatur yang berkaitan dengan jiwa atau ruh (abstrak) dengan berdzikir, mengaji, sholat fardhu dan sunnah


Apabila kalian bisa menyeimbangkan dan mensinergikan semuanya,bisa berkelanjutan,menjaga dan mempertahankan. Maka, santri santriku...kalian telah menggabungkan EISQ. Emotional Quotient, Intelligence Quotient dan Spiritual Quotient.
inilah muslim muslimat dan mukmin mukminat sejati dengan kecerdasaan yang sempurna.
Semoga anak anakku semuanya, menjadi anak anak yang sholeh sholehah, berbakti pada agama,orangtua,bangsa dan negara. Berbadan sehat,berpikir sehat dan akhirnya beribadah kepada Allah dengan Khusyuk..

aamiin allahumma aamiin.


#semoga bermanfaat.

posted by:Ripaniko,S.Pd.I

Seluruh Santri-santriwati dan Guru-guru SMP/SMA Terpadu Darussalam mengikuti Pembukaan Olahraga dan Ekstrakurikuler Semester Genap

Penampilan Ekstrakurikuler PERSADA (Persatuan Senam Darussalam )Penampilan Ekstrakurikuler PERBEDA (Persatuan Bela diri  Darussalam )Perfotoan bersama Santri Akhir KMI 2017/2018

Perfotoan bersama Santriwati Akhir KMI (Loyality Generation)

Darussalam,05 Januari 2018.

 

 


Share:
Berita & Artikel Lainnya