PEMBUKAAN PTS ( Penilaian Tengah Semester ) 2018

25/03/2018 | 205 kali
Kegiatan

Pembukaaan PTS ( Penilaain Tengah Semester)

*Prakata mudir : H Ahmad Deni Rustandi, M.Ag*

(Disampaikan dalam acara pembukaan PTS di lapangan sumpah pemuda, pondok putri, Sabtu,3 Maret 2018)

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ

Q.S Al-Mujadilah : 11

niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Q.S Al-Mujadilah : 11

· من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة. رواه مسلم.

Artinya: “Barang siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya, berkat amalan ini jalan menuju ke surga.” (HR. Muslim)

Ujian UTS dikenal dengan ujian tengah semester. Istilah ini sudah berubah dengan adanya kebijakan pemerintah berkaitan dengan kurikulum 2013. Yang sekarang menjadi PTS (Penilaaian Tengah Semester). Rubah istilah tapi intinya sama, yang dimaksud penilaian tengah semester mungkin standarnya supaya secara psikologis tidak menjadi momok dikalangan anak didik. Ada ujian ujian ujian, diganti dengan penilaian penilaian penilaian. Tapi, tujuannya sama bahwa baik itu istilah UTS atau PTS, rangkaian nilai dari mulai semester pertama, termasuk hari ini, nanti ujian akhir semester (UAS) atau istilah UKK (ujian kenaikan kelas) yang akan menentukan kalian naik atau tidaknya ke kelas yang lebih tinggi.

Bagi saya tidak penting istilah itu, baik istilah UTS atau PTS atau muroja’ah ‘am atau al ikhtibar al’am yang terpenting bagi saya adalah *istirokukum*, bagaimana kalian mengikuti kegiatan ini dengan baik dan benar dan ujian ini dilaksanakan dengan penuh kejujuran.
Jangan sampai ada yang nyontek. Kalau sampai ada yang nyontek maka para pengawas harus memberikan peringatan, atau jika perlu ambil lembar jawabannya karena anak tidak jujur dalam melaksanakan ujian.

Tahun semester kemarin berapa anak yang melanggar dalam ujian, akhirnya rambutnya harus hilang (tahallul) harus dibotak dan dia wajib mengulangi ujian lagi, kalau tidak mau, sudah ukhruju min hadal mahad darussalam bisalamin aminin. Silahkan keluar dari pondok darussalam ini penuh dengan kenyamanan. Tidak ada dusta diantara kita.

Jangan coba-coba nyontek ketika ujian, hukumnya haram, Ujian PTS ini termasuk bagian yang menentukan naik tidaknya ananda nanti ke kelas yang lebih tinggi maka ikuti dengan baik tetapi bukan dengan cara tidak baik tapi harus dengan cara yang baik. Ada sebuah analogi: 
*Niat baik + cara baik = baik*
*Niat baik + cara salah = salah*
*Niat salah + cara salah = salah (hancur minang), berantakan.*
*Niat salah + cara baik = salah*

Ujian ini kita niatkan untuk ibadah, belajar meningkatkan keilmuan, menambah wawasan pemahaman keilmuan maka harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai dilaksanakan dengan tidak baik.

Terimakasih kalian siap mengikuti ujian dengan baik, niatkan yang baik, juga laksanakan dengan baik, InsyaAllah hasilnya akan baik, barokah ilmunya, manfaat berguna bagi agama dan bangsa. Aamiinnn Ya Robal ‘Alamin.

Kepada pengawas ujian, mengawasnya harus dengan ikhlas, baik, tulus dengan melaksanakannya dengan baik dan benar, aturan yang sudah berlaku semuanya dilaksanakan. Selama pengawasan ujian, jangan sampai wara-wiri keluar ruang ujian. Jangan sampai keluar masuk ruang ujian. Setiap ruang ujian standarisasinya minimal 2 pengawas. pun demikian ketika selama ujian tidak diperkenankan asatid dan ustadat, bapak ibu guru mengaktifkan hp. 
*“Tidak mau seperti pisau tajam kebawah tumpul keatas harus berlaku adil”.*


Doa adalah senjatanya orang muslim, doa adalah bagian jihad kita, bagian perjuangan kita, karena bekerja, belajar tanpa doa itu tidak akan berkah untuk kita semuanya maka maksimalkan usaha kalian dalam belajar, maksimalkan belajar kalian dengan baik, dan doa juga harus maksimal. InsyaAllah usaha kalian yang maksimal, doa kalian yang maksimal hasilnya akan maksimal. Jadilah orang yang maksimal tidak boleh jadi orang yang asal-asalan, upayakan semuanya dengan maksimal. InsyaAllah kalian menjadi orang maksimal.

Pada pekan ini, dalam ujian ini, *“no time for ecek-ecek”*, tidak ada waktu kalian gunakan untuk neko-neko, semuanya gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia.

Harus yakin bahwa kita ini bisa, kalian InsyaAllah bisa menghadapi ujian dengan baik dan benar jangan neko-neko, gak usah takut, ikuti ujian ini dengan baik, dan InsyaAllah saya wajibkan kepada pengoreksi ujian agar ditempelkan hasil ujian harian. Agar dicantumkan hasil koreksiannya.

Jangan membanggakan orang lain banggakanlah dirimu, kalau orang lain yang dibangga-banggakan, kamu nanti jadi orang kerdil. *Qul Ha anada.* Kalian harus bisa jadi bagian dari orang-orang yang berhasil. Juga tidak boleh lantas sombong, yang dapat nilai kecil tidak boleh kecil hati, yang dapat nilai besar tidak boleh sombong. Tapi jadikanlah bahan evaluasi. kalau hari ini dapat nilai kecil langsung evaluasi dan lakukanlah perbaikan.

Intinya tidak boleh minder, tidak boleh sombong, jangan membanggakan orang lain, jadikan bahwa kamu adalah orang yang bisa melaksanakan ujian dengan baik dan benar.

Kami juga, saya, termasuk kepala-kepala sekolah, wakasek semuanya, guru-guru semuanya mentargetkan tahun ini, tahun ajaran 2017-2018 ada kenaikan nilai yang signifikan dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Saya hanya bisa mendoakan semoga kalian semua sukses, lancar menghadapi ujian, mampu dan kuat mengahadapinya. InsyaAllah PTS ini manfaat untuk kalian semua.
Aamiinnn

Created: Ade Irawan

 

pembukaan Penilaian Tengah Semester 2018

pembukaan Penilaian Tengah Semester 2018

pembukaan Penilaian Tengah Semester 2018


Share:
Berita & Artikel Lainnya

Ujian Syafahi (Lisan)

Ujian Syafahi (Lisan) "Sarana Mengasah Mental Santri" oleh: Toni Regal, ME. Sy Selasa, ...