Pesan dan Nasehat Menjelang Liburan Idul Fitri 1441 H

11/05/2020 | 81 kali
Dokumentasi

Pesan dan Nasehat Menjelang Liburan Idul Fitri 1441 H

Darussalam.tasik.or.id – Pesan dan Nasehat Menjelang Liburan Idul Fitri 1441 H di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya pada hari Kamis (7/05/2020)

 

Bapak Pimpinan sedang memberikan materi ettiquete

 

Santri Santriat Pondok Pesantren Darussalam

 

Pemberian Sertifikat Khotam Al Quran

 

Pemberian Sertifikat Khotam Alqur`an

*PESAN DAN NASEHAT MENJELANG LIBURAN IDUL FITRI 1441 H*   Bersama Bapak Pimpinan Pondok Kh Ahmad Deni Rustandi,MAg
Kamis-sabtu 14-17 ramadhan 1441/7-9 mei 2020,Kegiatan ini menjadi Sunah Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya sebelum Para Santri/Santriat melaksanakan Liburan.(Baik Libur Idul Fitri, Libur Kenaikan Kelas & Libur Semester).
Dengan tujuan sebagai bekal Para Santri/Santriat dalam mengisi *kekosongan* nya saat liburan dirumah nya masing masing, sehingga Liburan nya bermakna, sehat dan bermanfaat.
Mereka di berikan penjelasan berkait makna liburan yg bebas merdeka tetapi tetap harus bermakna, bukan bebas tanpa batas. Sebagaimana kata bijak mengatakan:
حرية المرء محدودة بحرية غيره
"Kebebasan seseorang dibatasi oleh kebebasan orang lain".
Kekosongan harus di isi dgn mencari kesibukan, kesehatan, bebas merdeka tetap berisi,Berlibur (beristirahat) tidak berarti kosong serba libur dalam segala galanya, tetapi Berlibur harus berarti : mengganti suatu pekerjaan dengan pekerjaan yg lain, dgn maksud memperbaharui semangat, menghilangkan rasa lesu dan rasa bosan.
Kosong tdk baik dan tdk boleh, yg kosong akan mudah di masuki syetan dan iblis, ungkapan bijak mengatakan:
إنّ الشّباب والفراغ والجدة مفسدة للمرء أيّ مفسدة
Pergantian dari duduk ke berdiri, dari berdiri ke berjalan, atau dari menulis ke membaca, dan demikian seterusnya itulah arti BERISTIRAHAT, Santri Santriat pun di beri penjelasan berkait *Etiquette & Adat Sopan Santun* saat liburan,kesopanan lahir dan batin menjadi sebuah keniscayaan bagi Para Santri/Santriat saat berlibur di rumahnya, agar tetap mereka bisa amanah dan istiqomah dalam beraktivitas keseharian nya seperti apa yg mereka lakukan selama di Pondok baik dalam Ibadah, Belajar & Muamalah.
Harapan pun demikian selama liburan di rumah mereka tetap terjaga, naudzu billah smoga mereka tdk seperti ungkapan Sunda "Seperti Kuda Keluar dari Gedogan"
Bebas Liar tanpa batas, hal yang tidak kita harapkan terjadi.
Dengan menyempurkan ikhtiar & kerjasama dgn para Orang Tua/Walisantri dalam menjaga Putra Putri nya selama Libur di rumah dan terus berdoa dan bertawakal kepada Allah swt. Smoga Anak anak kita tetap terjaga dari hal hal yg tdk kita inginkan...aamiin.
Berkaitan hal ini, Bapak Pimpinan Pondok mengitruksikan semua Kepala Sekolah & Para Walikelas agar juga ikut memantau Santri/Santriat saat Liburan dirumahnya dengan memanfaat kan Medsos berupa membentuk Group WA Anggota kelas masing masing agar memudahkan dan pemantauan sebagai Kendali kita.
Demikian Para Santri/Santriat diberikan pesan dan nasehat oleh Bapak Pimpinan Pondok, Semoga anak anak bisa liburan dengan baik dan berkualitas dengan tetap menjada ibadahnya.
SELAMAT BERLIBUR IDUL FITRI 1441 H Smoga Allah swt memberikan ke kemanangan kepada kita semuanya di bulan suci ramadhan tahun ini.
Mohon maaf lahir dan batin.
🙏🙏🙏
Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Menyapa Dunia


Share:
Berita & Artikel Lainnya