AMALIYAH TADRIS PERDANA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM RAJAPOLAH

31/03/2020 | 1.359 kali
Ujian

AMALIYAH TADRIS PERDANA

 

       Amaliyah Tadris Perdana di adakan pada hari Selasa, 31 maret 2020 bertepatan dengan 7 sya’ban 1441 hijriah. Di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya.

 

 Amaliyah Tadris Perdana Oleh Trio Adam Hidayatullah


Suasana  Amaliyah Tadris Perdana Santri Putri


Pimpinan Pondok Memberikan Koreksian Kepada Calon Pengajar


        Ditengah merebaknya wabah Coronavirus Desease 2019 (Covid-19), Kegiatan-kegiatan di Pondok Pesantren Darussalam Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tetap berjalan. Salah satunya yaitu kegiatan Amaliyah Tadris atau Teaching Practice (Praktek Mengajar) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Santri Akhir KMI Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. Adapun kegiatan Amaliyah Tadris perdana dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Maret 2020.

        Sementara Santri  yang terpilih untuk praktek mengajar perdana yaitu Tryo Adam Hidayatuloh mengajarkan pelajaran Mutholaah kelas 2B dan Ashifa Purtama Putri mengajarkan pelajaran Reading kelas 1 intensif C. Amaliyah Tadris yang perdana ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Sesepuh Pondok, Pembina Yayasan, Kepala SMP dan SMA Terpadu Darusalam serta  seluruh pembimbing Amaliyah Tadris dan perwakilan dari kelas 5.

       Sedangkan pelaksanaan hari selanjutnya hanya dihadiri oleh pembimbing dan teman satu kelompoknya. Setelah praktek mengajar selesai, dilanjutkan dengan intiqodat yaitu mengevaluasi proses mengajar yang telah berlangsung untuk perkembangan mengajar, peningkatan kualitas pendidikan serta  pengajaran sehingga menjadi lebih baik dan motivasi untuk santri yang lainnya yang akan melaksanakan Amaliyah Tadris di hari-hari berikutnya. Seperti yang disampaikan Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, evalauasi ini sebagai perbaikan yaitu ” إن أريد إلّا الإصلاح، إلى ما هو أصلح ثمّ أصلح ثمّ أصلح  “

       Beliau juga menyampaikan secara umum hasil Pelaksanaan Amaliah Tadris Perdana Tahun ini bisa dinyatakan cukup bagus, ada peningkatan dari tahun tahun sebelumnya. Kegiatan ini salah satu inti Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya, alumni diharuskan mampu mengajar ketika terjun di masyarakat kelak dan sebagai bekal untuk mengajar di tempat-tempat pengabdian sesuai yang ditentukan Bapak Pimpinan Pondok. Maka, mengajar adalah wujud pengamalan ilmu yang telah mereka dapatkan selama belajar di Pondok Pesantren Darusalam Rajapolah Tasikmalaya.


Share:
Berita & Artikel Lainnya