HAFLAH TILAWATIL QUR’AN (HTQ)

07/03/2017 | 1.285 kali
Kegiatan

HAFLAH TILAWATIL QUR’AN (HTQ)

Acara yang ditanggung jawabkan kepada Organisasi Pelajar Pesantren Darussalam (OPPD) khususnya bagian ta’mir mesjid, ini merupakan acara perdana yang dilaksanakan secara meriah.Tepat pada tanggal 2 s/d 3 Februari 2017 acara ini diselenggarakan.Bidang perlombaan yang diselenggarakan yaitu : Adzan (Pa), Qiro’ah murotalah dan mujawadah (Pa & Pi) dan Tahfidzul quran (Pa & Pi).

Pelaksanaannya cukup apik dan terorganisir. ”Ini merupakan sebuah kebanggaan yang dimiliki Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya dikarenakan tidak semua pontren bisa menggelar acara HTQ sebesar dan semegah ini” tutur bapak pimpinan pontren KH. Ahmad Deni Rustandi,M.Ag. Bahkan beliau berharap agar suatu hari nanti santriwan dan santriwatinya bisa menjadi qori internasional. Seluruh santri/wati sangat bersemangat sekali dalam mengikuti acara ini dari awal hingga akhir.

Acara ini menggunakan 2 sistem perlombaan, yang pertama babak penyisihan dan yang kedua babak final yang diikuti masing – masing 5 peserta Pa dan Pi dari masing – masing cabang perlombaan ( kecuali cabang lomba adzan yang hanya diikuti oleh santri putra ) . Tak hanya para santriwan dan santriwati saja yang ikut senang dalam terselenggaranya acara ini, bahkan masyarakat sekitar desa pun ikut berpartisipasi dalam acara ini dengan terlihatnya beberapa warga yang menonton dan berkomentar positif terhadap acara ini, “Acara ini sangat baik, karena semenjak saya tinggal di desa ini baru pertama kali adanya acara Haflah Tilawatil Quran. Dan berharap semoga kedepannya bisa terselenggara lagi dan pastinya lebih bagus dari sekarang” tutur salah seorang warga.

Ahmad Rifa’i, salah satu peserta cabang lomba qiro’ah mujawwadah sekaligus peraih peringkat 2 putra pun ikut gembira dalam menanggapi acara perdana ini, “ Saya sangat mengapresiasi sekali acara Haflah Tilawatil Quran ini, berkat acara ini saya bisa menilai kemampuan diri saya. Ternyata bukan hanya saya yang berbakat dalam cabang lomba qiro’ah mujawwadah. Dan juga saya bisa melatih kemampuan diri saya untuk lebih baik lagi kedepannya.” ujar santriwan kelas 4 ini.

Semua warga Pondok Pesantren Darussalam berharap acara Haflah Tilawatil Quran ini bukan hanya tahun ini saja diselenggarakan, melainkan tahun ini awalnya dan bisa berlanjut di tahun – tahun yang akan datang. Dan tentunya lagi, panitia yang akan datang bisa memperbaiki dan membuat acara ini lebih bagus dan meriah lagi.

 


Share:
Berita & Artikel Lainnya