Pembukaan - Ujian - Ujian Lisan - Semester Ganjil - Pondok Pesantren - Darussalam - Tasikmalaya

25/11/2023 | 95 kali
pembukaan+

www.darussalam-tasik.or.id -- Pembukaan Ujian Lisan Semester Ganji 2023 di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya, 25 November 2023.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ujian adalah bagian dari proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah/pesantren. Tujuannya adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi santri setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran.

Ujian lisan merupakan sarana memahamkan santri secara langsung dengan bertatap muka bersama para penguji. Pertanyaan demi pertanyaan satu persatu dilontarkan untuk menguji mentalitas santri, menguji pemahaman, menguji kesabaran, serta menguji kesungguhan para santri.

Pada hari Sabtu,25 November 2023,Pondok pesantren Darussalam melaksanakan pembukaan Al- Imtihan As-Syafahii (Ujian lisan) Penialaian Akhir Semester, Tahun Ajaran 2023 - 2024 di Lapangan Sumpah Pemuda. Upacara PAS dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Dr.KH. Ahmad Deni Rustandi, M.Ag., Adapun yang menghadiri yaitu seluruh ustadz ustadzah,ajengan,guru guru dan seluruh santri santriat Pondok Pesantren Darussalam.

Pada kesempatan ini, bapak pimpinan pondok Dr. KH. Ahmad Deni Rustandi, M.Ag. mengatakan bahwa ujian lisan dilaksanakan karena Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah merupakan pondok alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Orientasi dari pelaksanaan ujian lisan itu sendiri adalah sebuah tanggung jawab moral guru, pimpinan pondok dan lembaga sebagai kepada santri tentang sejauh mana materi pelajaran disampaikan dan dipahami oleh santri. Ujian lisan juga sebaga sarana perbaikan, koreksi pemahaman baik materi pelajaran maupun praktik ibadah santri.

Beliau menambahkan, selama ujian, santri harus fokus pada ujian, memaksimalkan waktu untuk belajar, berdoa dan beribadah dengan lebih baik lagi dan hindari kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat,juga mengingatkan kembali kepada santriwan, santriwati dan para dewan guru akan disiplin pondok yang harus ditaati. Selain itu, Beliau mengharapakan semua nya untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan ujian tersebut.

Ujian lisan yang akan ditempuh oleh santri mencakup ujian lisan Al-Qur'an, Bahasa Arab, Kitab Kuning dan Bahasa Inggris. Ujian ini sendiri akan dilaksanakan mulai dari tanggal 25 November 2023 sampai dengan tanggal 18 Desember 2023 yang diikuti oleh santri kelas 1 sampai dengan kelas 5, sementara kelas 6 diberikan tugas sebagai pembantu penguji ujian lisan. Semoga ujian santri santriat dilancarkan,dimudahkan dan mendapatkan hasil terbaik,Aamiin..

tag: Darussalam, DarussalamTasik, PembukaanUjian, UjianLisan, Ujian, PondokPesantren, Guru, HariGuru, Santri, Santrikeren, SantriTasik, SantriIndonesia.


Share:
Berita & Artikel Lainnya